Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Bulan 9 - 8 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha 2020

Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah - 10 hari pertama pertama bulan dzulhijjah adalah waktu paling baik untuk meningkatkan berbagai amalan sunnah serta memupuk kebiakan diri agar lebih berkualitas di hadapan allah swt. Banyak amalan yang bisa di lakukan pada saat tersebut salah satunya seperti mengerjakan puasa arafah dan tarwiyah pada tanggal 8 serta 9 dzulhijjah sebelum hari raya idul adha. Bahkan yang lebih istimewa lagi adanya ibadah qurban tepat pada tanggal sepuluh tersebut, yang mana ibadah yang satu ini memiliki keutamaan serta hikmah luar biasa.

Selain adanya anjuran untuk melakukan amalan sunnah, tepat pada bulan dzulhijjah juga merupakan waktu pelaksanaan ibadah haji, sebagai penyempurnaan dari salah rukun islam yang lima, namun kewajiban ini hanya di tentukan pada mereka yang sudah mampu melaksanakannya terutama dalam hal biaya. Sangat luar biasa sekali hikmah dan manfaat juga pahala bagi oang yang bisa melaksanakan ibadah haji minimal satu kali dalam hidupnya, karena selain telah sempurna melakukan rukun islam juga tentu merasa bangga dengan mengunjungi tanah suci yang merupakan tempat kelahiran baginda nabi saw.

Pelaksanaan puasa tanggal 8 yaitu tarwiyah dan 9 arafah sangat di anjurkan agar umat islam yang tidak bisa merasakan nikmatnya ibadah haji di tanah suci, masih bisa merasakan kenikmatan dari pahala kedua puasa tersebut. Sebagaimana dalam beberapa keterngan dalil hadits bahwa puasa arafah tersebut dapat menghapus dosa setahun lalu dan tahun yang akan datang. Selain itu juga di ceritakan bahwa rasulullah saw sangat menyukai perbuatan baik yang di kerjakan pada sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah meskipun di banding dengan berjihad di jalan allah swt.

Dzulhijjah termasuk bulan yang penuh dengan kebaikan bahkan lebih unggul di banding bulan lain, salah satu bukti dengan dijadikannya dzulhijjah sebagai waktu untuk pelaksanan ibadah haji umat islam. Selain itu juga bulan tersebut di jadikan waktu perayaan hari raya selain idul fitri yang di anjurkan umat islam agar melakukan shalat sunnah hari raya serta pada hari raya tersebut, terdapat sebuah ritual ibadah penyembelihan hewan qurban yang nanti daging dari penyembelihan hewan tersebut di bagikan kepada fakir miskin. Peristiwa tersebut tentu menjadi bukti nyata dari keistimewaan bulan dzulhijjah.

Niat Puasa Tariwyah 8 Dzulhijjah

Niat Puasa Tarwiyah


Untuk puasa tarwiyah sendiri di laksanakan pada tanggal delapan dzulhijjah, perintah dari pelaksanaan puasa ini berdasarkan pada salah satu hadits yang menyebutkan tentang keutamaan puasa tarwiyah yang dapat menghapus dosa satu tahun, meskipun ini redaksi hadits yang menyebutkan hal tersebut tergolong hadits dhaif, namun dalam hal ini para ulama bersepakat boleh mengamalkan hadits dhaif dalam rangka Fadla'ilul a’mal atau sebagai untuk memperoleh keutamaan.

Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Niat Puasa Arafah

Sedangkan untuk puasa arafah sendiri di kerjakan pada tanggal sembilan dzulhijjah sehari sebelum pelaksanaan hari raya idul adha, serta puasa arafah ini juga hanya di perintahkan kepada mereka yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji, ada pun bagi yang sedang berhaji tidak masuk pada anjuran puasa arafah. Pelaksanaan waktu puasa arafah yang jatuh pada tanggal 9 bukan semata-mata karena sedang di lakukan wukuf arafah bagi yang beibadah haji, tetapi tanggal sembilan tersebut mengikuti perhitungan kalender hijriyah di negara masing-masing sebab antara indonesia dan arab terjadi perbedaan waktu antara 4 sampai 5 jam.

Dalam hal tata cara puasa tarwiyah dan arafah ini tidak berbeda dengan puasa lain baik dari sisi waktu pengerjaannya hinga hal-hal yang membatalkan puasa. Begitu juga wajib membaca niat puasa arafah dan tarwiyah bagi siapa pun yang akan mengerjakannya, dan niat ini di bacakan ada malam hari seperti ketika melakukan puasa ramadhan. Mari kita raih pahala yang besar pada bulan dzulhijjah, jika tidak dari ibadah haji setidaknya bisa mendapatkan kebaikan dari puasa sunnah atau ibadah kurban. Karena tentu sangat rugi apabila dzulhijjah berlalu begitu saja tanpa di manfaatkan sebaik mungkin untuk memufuk amal kebaikan.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer