Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Doa Buka Waktu Manfaat Dalil Yang Benar

Puasa senin kamis merupakan amalan ibadah yang cukup populer dikalangan umat muslim, bahkan di yakini memiliki keistimewaan luar biasa selain pahala sunnah dari pelaksanaannya. Bahkan lebih hebatnya lagi tidak sedikit dari kalangan para ulama yang menyebutkan wasillah ibadah ini dengan terkabulnya hajat selain itu kalangan para ahli dokter yang mengaitkan manfaat berpuasa tersebut dengan dunia kesehatan, serta ini salah satu bukti kesempurnaan agama islam dalam menetapkan sebuah hukum maka akan memberi kebaikan kepada para hambanya yang taat.

Puasa sunnah senin kamis ini tidak lepas dari sejarah baginda nabi muhammad saw semasa beliau hidup, dimana sang utusan allah ini lebih menyukai berpuasa pada hari senin dan kamis, sebab senin merupakan hari kelahirannya serta pada kedua hari tersebut menjadi waktu di perlihatkannya amal ke hadapan allah swt, dan rasul pun sangat merasa gembira ketika amalnya di perlihatkan beliau sedang melaksanakan puasa. Inilah salah satu dalil yang menjadi sumber dari hukum sunnah puasa senin kamis, sebagaimana tercantum dalam sebuah hadits riwayat tirmidzi dan yang lainnya.

Puasa juga di yakini sebagai bukti bahwa seorang hamba cinta kepada allah dan rasulnya, ketika dia benar-benar mencintai tuhan dan utusannya maka akan dengan hati sungguh-sungguh melaksanakan perintah serta larangannya, begitu juga dengan puasa ini karena amalan tersebut merupakan perintah yang harus di taati baik itu dari puasa wajib atau sunnah. Sedangkan untuk puasa senin dan kamis ini bukan satu-satunya amalan sunnah yang di anjurkan baginda nabi saw, tetapi masih banyak yang lainnya seperti puasa pada bulan haram, asyura dan tasu'a, puasa syawal dan lain sebagainya.

Sebagaimana ibadah lainnya, puasa senin kamis ini juga memiliki tata cara dan harus di penuhi oleh siapa saja yang akan melaksanakannya seperti harus mengetahui waktu berpuasa, hal-hal yang membatalkan, serta niat puasa senin kamis dengan baik dan benar. Pada dasarnya pelaksanaan puasa sunnah tidak jauh berbeda dengan puasa wajib ramadhan atau qadha yaitu seseorang harus berniat di malam hari kemudian puasa di awali sejak awal waktu subuh hingga maghrib, dan menjauhi semua perkara yang dapat membatalkan ibadah tersebut seperti makan serta minum.

1. Niat puasa Senin Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin Dan Kamis

Niat Puasa Pada Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TAN’AALA

Artinya : "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala"

Niat Puasa Pada Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA’AALA

Artinya : "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala"

Doa Buka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROH MATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya : “Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Menggabungkan Niat Puasa Senin Kamis dan Puasa Ganti

Puasa pada hari senin kamis termask yang paling disukai oleh sebagian besar masyarakat muslim sebab selain sunnah nabi juga di yakini memiliki manfaat luar biasa, namun tibul pertanyaan behubungan dengan puasa qadha, bagaimana jika niat puasa ganti sekaligus puasa senin kamis?. Jawabannya kembali pada dasar hukum ibadah tersebut sebagaimana puasa qadha adalah wajib sedang puasa seninkamis adalah sunnah, dengan demikian sudah tentu yang di wajibkan harus di dahulukan karena perintah dari sang maha pencipta dan apabila di tinggalkan termasuk dosa.

Dalam hal menggabungkan niat puasa qdha dan sunnah tentunya para ulama berbeda pendapat, menurut imam Al-Kurdi serta Imam Al-Barizi berpendapat jika puasa sunnah seperti hari ‘Asyuro, diniati puasa lain misalnya qadha ramadhan tanpa meniatkan puasa Asyura’ tetap mendapatkan pahala keduanya. Bahkan imam Romli mengemukakan seandainya puasa 6 hari bulan syawal digabung dengan qadha ramadhan, mendapatkan pahala keduanya. Tetapi jika menurut Abu Makhromah tidak mendapatkan pahala keduanya bahkan tidak sah.

Waktu Puasa

Puasa termasuk ibadah yang memiliki waktu khusus dalam pelaksanaannya, seperti untuk puasa ramadhan hanya di lakukan selama bulan tersebut, puasa rajab hanya pada bulan rajab, dan begitu juga dengan puasa senin kamis hanya di kerjakan pada hari tersebut. Adapun awal waktu di mulainya berpuasa serta akhir atau ditandai dengan berbuka, semuanya sama yaitu sejak masuk awal waktu subuh hingga matahari terbenam yang di tandai kumandang adzan maghrib. Jadi ketika seseorang akan bermaksud untuk berpuasa, mulai dari malam hari harus siap-siap membacakan niat puasa kemudian menjelang dini hari sebelum subuh di sunnahkan untuk makan sahur dan jika sudah masuk waktu subuh di mulai untuk berpuasa hingga maghrib.

Jadi dapat di simpulkan waktu berpuasa ini adalah mulai dari awal masuknya waktu subuh hingga datang waktu maghrib selama waktu tersebut orang yang berpuasa di larang melakukan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan dan juga minum. Adapun untuk imsak yang saat ini umum berkumandang di indonesia, itu semua hanya sebagai tanda bahwa sebentar lagi waktu puasa akan tiba, biasanya anatara imsak dan waktu subuh hanya berkisar antara 10 menitan saja. Demi kehati-hatian dalam menjalankan ibadah, apabila waktu imsak sudah tiba sebaiknya hentikan makan dan minum, dan waktu 10 menit tersebut gunakan untuk persiapan sholat subuh, seperti berwudhu, atau gosok gigi bahkan mungkin untuk mandi dan lain sebagainya.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Banyak yang beranggapan bahwa puasa sunnah yang rutin di kerjakan akan bisa memberikan manfaat tinggi bagi para pelakunya baik itu berhubungan akhirat atau dunia, bahkan puasa tersebut di kaitkan langsung dengan masalah kesehatan baik untuk menjaga sebuah penyakit agar tidak mudah menyerang tubuh, sebagai sarana diet sehat bahkan meningkatkan kecantikan. Anggapan tersebut memang dapat di pahami secara baik sebab hakikat dari puasa adalah membersihkan hati dan pikiran dari berbagai sipat buruk, sehingga orang yang sedang berpuasa hati akan terjaga pikiran tetap bersih dan badan sehat sebab tidak masuk makanan-makanan yang membahayakan, ketika berpuasa orang-orang lebih memiliki makanan sehat.

Bisa di ambil kesimpulan bahwa manfaat puasa tersebut termasuk juga rutin dengan senin kamis akan memberikan manfaat baik yang berkaitan dengan kehdiupan dunia atau akhirat bahkan ketika seseorang ingin cantik tubuh bersih serta berkarisma, puasa juga bisa menjadi sarana terbaik kesehatan tubuh karena dengan hati pikiran bersih akan lebih cepat menimbulkan kebaikan pada kesehatan. Lalu apakan manfaat puasa sunnah juga bisa melancarkan hajat seperti agar mudah menemukan pekerjaan atau di lapangkan dalam hal rezeki? jawaban pasti dan yakin itu salah satu manfaatnya, dengan mendekatkan diri kepada allah salah satunya rutin melakukan ibadah sunnah maka allah swt akan memberi kemudahan dalam berbagai hal.

1. Pintu Surga Dibuka Selebar-lebarnya
2. Menurunkan Hawa Nafsu
3. Mendatangkan Berlimpah Kebaikan
4. Pelajaran diri untuk berdisiplin
5. Pengaruh kesehatan pada tubuh
6. Menjadi Perlindungan Batin Seseorang
7. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
8. Memberi Kesempatan Organ Tubuh untuk Beristirahat
9. Terhindar dari Godaan Setan
10. Melatih Emosi
11. Melatih Diri Terhaindar dari Dosa
12. Dapat Meningkatkan Amalan
13. Meningkatkan Kinerja Otak dalam Mengingat
14. Meremajakan Sel-sel Kulit
15. Menurunkan Lemak
16. Menunda Penuaan Gigi
17. Menyehatkan Gigi
18. Menjadi Obat Penghilang Stres
19. Menghilangkan Perasaan Tidak Enak

Keutamaan Puasa Senin Kamis

“تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.”

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Shahih Muslim).

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ.”

“Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” [HR. At-Tirmidzi dan lainnya]

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim)

Setidaknya ketiga dalil tersebut bisa menjadi hukum dasar dari keutamaan puasa sunnah pada hari senin dan kamis yang begitu di sukai oleh baginda nabi muhammad saw. Serta dari puasa senin ini juga dapat di ambil sebuah pengetahuan bahwa ternyata dalam syariat islam tidak ada sesuatu yang di perintah tanpa di dalamnya berhubungan dengan manfaat dan keutamaan, termasuk juga yang berkaitan dengan hari senin dan kamis sehingga di jadikan sebagai waktu untuk mengamalkan sebuah puasa.

Ada banyak sekali pengetahuan yang bisa di pelajari lebih dalam seputar puasa sunnah senin kami ini termasuk keitimewaannya, begitu juga tentang yang berhubungan dengan antara puasa senin kamis di gabung beserta qadha puasa wajib ramadhan dan yang lainnya. Sekiranya pembahasan ini di rasa masih kurang komplit kalian tentunya bisa mencarilebih banyak lagi pada artikel lain, termasuk juga menanyakan langsung kepada para ahli agama seperti ustadz kiyai atau bahkan santri dan orang-orang berilmu lainnya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer