Bacaan Tata Cara Doa Niat Sholat Jenazah Lengkap Laki-Laki Perempuan

loading...
Sholat jenazah adalah bagian dari praktik mengurus mayit yang harus di penuhi oleh orang muslim di sektarnya, karena hukumnya fardu kifayah atau wajib di lakukan. Sebaiknya jika aktivitas ibadah tersebut sama sekali tidak ada yang mengerjakan, dosa hukumnya bagi mereka, namun dosa tersebut bisa menjadi hilang apabila ada salah seorang yang mengerjakannya. Seholat jenazah ini termasuk pelajaran penting untuk di pahami seluruh umat islam terutama yang sudah menginjak usia dewasa, agar ketika di keluarga atau tetangga ada yang meninggal dunia dapat ikut serta mensholatkan jenazah tersebut.

Pemahaman mengenai sholat jenazah ini sangat luas sekali tidak hanya sebatas dari sisi tata cara, niat, bacaan doa, gerakan dan juga hukum berdasarkan dalil, tetapi meliputi jadwal sholat atau waktu pelaksanaannya. Tidak sedikit dari masyarakat yang masih bertanya mengenai waktu sholat jenazah setelah ashar, sesudah subuh atau waktu lain yang terlarang untuk sholat. Menganai waktu pelaksanaan sholat jenazah sendiri boleh di lakukan kapan saja, ibadah yang satu ini tergolong pada sholat yang memiliki sebab tertentu yaitu bertujuan untuk mendoakan orang yang meninggal tersebut.

Para ulama membagi waktu sholat pada dua kategori yaitu pertama waktu boleh untuk sholat dan kedua terlarang untuk sholat seperti mulai dari sesudah sholat Subuh sampai matahari terbit, dari matahari terbit sampai matahari agak meninggi, saat matahari tepat berada di atas kepala, mulai dari setelah sholat ashar hingga matahari tenggelam serta mulai dari matahari tenggelam hingga tenggelam sempurna. Akan tetapi yang di haramkan untuk sholat pada waktu haram tersebut yaitu sholat mutlak yang tidak memiliki sebab, adapun yang karena sebab misalnya sholat jenazah atau yang lainnya boleh di lakukan.

Bacaan Tata Cara Doa Niat Sholat Jenazah

Dalam salah satu hadits yang di riwayatkan oleh imam ahmad "barang siapa mensholatkan jenazah dan tidak mengiringinya ke pemakaman maka baginya pahala sebesar satu qirath, tetapi apabila mengiringinya hingga ke pemakaman maka memperoleh dua qirath" satu qirth dalam hadits tersebut di ibaratkan yang terkecil semisal semisal Gunung Uhud. Sungguh luar biasa keutamaan dari sholat jenazah tersebut, yang memiliki pahala sangat besar sekali. Dengan begitu, alangkah sombongnya mereka yang apabila ada saudara muslim di sekitar rumahnya yang meninggal dunia, lalu mereka tidak mau ikut serta mensholatkan hingga memakamkannya.

Syarat Dan Rukun Sholat Jenazah

1. Syarat

Yang di maksud syarat sholat jenazah ini adalah hal-hal yang harus di penuhi sebelum pelaksanaan sholat tersebut, setidaknya ada 6 kategori syarat di antaranya seperti ;

  • Orang yang melakukan sholat Jenazah harus Muslim.
  • Dalam keadaan suci dari hadast kecil maupun hadast besar.
  • Menutup aurat seperti layaknya melaksanakan sholat lainnya.
  • Menghadap kiblat.
  • Jenazah yang disholati adalah muslim atau beragama islam.
  • Jenazah yang akan disholati sudah dalam keadaan bersih atau sudah dimandikan.

2 Rukun

Rukun disini maksudnya adalah pekerjaan pokok yang harus di penuhi dalam sholat jenazah tersebut baik itu berupa bacaan juga meliputi gerakannya seperti :

  • Niat
  • Takbir dengan empat takbiran
  • Berdiri bagi yang kuasa
  • Membaca Al-Fatihah
  • Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad setelah takbir kedua
  • Doa terhadap jenazah setelah takbir ketiga
  • Salam

Tata Cara Sholat Jenazah

1. Niat harus di ucapkan sesuai dengan jenis jenazah seperti untuk laki-laki atau perempuan yang di lakukan pada saat takhiratul ikhram (Allahu Akbar), sambil mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga sejajar bahu, cukup menghadirkan niat tersebut dalam hati saja.

Niat Sholat Jenazah Laki-laki Dan Perempuan

Apabila Niat dan Takbiratul ihram sudah selesai, kedua tangan disedekapkan atas pusar sambil membaca surat Al-fatihah hingga selesai tanpa harus di tambah surat lainnya, kemudian.

2. Takbir Kedua sambil mengangkat kedua tangan seukuran ketika takbiratul ihram sambil mengucapkan "Allahu Akbar" agak di keraskan seukuran terdengan oleh diri sendiri.

Di lanjut dengan menyimpan kedua tangan atas pusar sambil membaca Shalawat nabi baik itu yang bacaan pendek atau panjang misalnya seperti umum di amalkan sehari-hari.

Bacaan Sholawat Nabi

3. Takbir ke 3 sambil mengangkat tangan seperti takbir sebelumnya, kemudian kedua tangan di simpan lagi atas pusar sambil membaca doa.

Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 3

4. Takbir Ke 4, sama seperti pada takbir sebelumnya kemudian membaca doa lagi

Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 4 Laki-Laki Perempuan

5. Salam

Bacaan Salam Sholat jenazah

Doa Setelah Sholat Jenazah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّى عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَتِحَةِ.اِعْتِقْ رِقَابَنَاوَرِقَابَ هٰذَاالْمَيِّتِ (هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ) مِنَ النَّارِ٣× اَللّٰهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَعَلٰى هٰذَالْمَيِّتِ (هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ) وَاجْعَلْ قَبْرَهٗ(هَا)رَوْضَةًمِنَ الْجَنَّةِ.وَلاَتَجْعَلْهُ لَهٗ (لَهَا) حُفْرَةًمِنَ النِّيْرَانِ.وَصَلَّى اللّٰهُ عَلٰى خَيْرِخَلْقِهٖ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa Muhammadin. Allaahumma bihaqqil fatihati i’tiq riqaa banaa wariqaaba haadzal mayyiti (haadzihil mayyitati) waj’al qabrahuu (haa) roudhotan minal jannati. Walaa taj’alhu lahuu (lahaa) hufratan minanniiraani. Washollallaahu ‘alaa khoiri kholqihi sayyidinaa Muhammadin wa aalihii washohbihii ajma’iina walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya : Ya Allah, curahkanlah rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Oh Allah, dengan berkahnya surat Al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayat ini dari siksaan api neraka (3 kali). Ya Allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayat ini. Dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulia makhluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya sekalian. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.

Adapun mengenai posisi, jika jenazah laki-laki kepala di seblah selatan sedangkan jika perempuan sebelah utara, serta untuk imam jika janazah tersebut laki-laki posisi imam tepat berada di kepalanya sedangkan jika perempuan berada di pinggangnya. Sedangkan bagi makmum berdiri dengan shaf di belakang imam serta mengikuti komando dari imam, tetapi jika melakukan sholat jenazah sendiri maka ikuti sebagaimana cara shlat imam. Serta perlu di ingat juga dalam sholat jenazah ini tidak ada ruku atau sujud, cukup hanya berdiri bagi yang mampu sambil melakukan empat kali takbir di atas.

Jika semua dari cara sholat jenazah sudah selesai di lakukan hingga salam dan berdoa, maka bersiaplah untuk mengiringi jenazah tersebut ke pemakaman. Usahakan untuk ikut sampai selesai pemakaman karena sebagaimana dalam sebuah hadits pahala yang ikut mensholatkan sampai pemakaman akan mendapat pahala dua qirath, yang mana satu qirathnya di ibaratkan Yang terkecil di antaranya semisal Gunung Uhud. Silahkan untuk dapat di pahami bacaan tata cara doa niat sholat jenazah lengkap laki-laki perempuan dengan benar agar ketika tiba waktunya bisa langsung teramalkan.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer