Bacaan Bilal Shalat Tarawih Lengkap Teks Latin Bahasa Indonesia

loading...
Bilal tarawih adalah salah seorang yang di beri tugas untuk memberikan komando ketika jeda shalat tarawih dan witir dengan mengucapkan beberapa kalimat khusus baik itu berupa sholawat kepada nabi saw atau berisikan doa untuk ke empat sehabat beliau yang kemudian di jawab langsung oleh para jamaah. Bentuk dari kalimat bacaan bilal tersebut sangat bervariasi tergandtung dari kebiasaan di tempatnya masing-masing tetapi pastinya tidak akan jauh berisi tentang mendoakan nabi dengan shalawat atau para sehabat serta memuji allah swt.

Aktivitas ini meskipun di kaitkan dengan tarawih namun tidak termasuk pada syarat atau rukun seperti niat sholat tarawih dari ibadah tersebut, melainkan keberadaannya berada di luar sholat. Sehingga dalam hal ini sejumlah para ulama beranggapan bahwa tradisi bacaan bilal di anggap sangat baik serta tidak merubah pada hakikat sholat karena keberadaannya berada di luar ibadah tersebut, apalagi isi dari kalimat yang di bacakan bilal selain merupakan doa juga sebagai penghormatan kepada orang mulia misalnya baginda nabi saw.

Selanjutnya bacaan atau komando bilal pada sholat tarawih ini tentunya tidak lepas dari fungsi atau kegunaannya yaitu sebagai waktu jeda atau beristirahat antara satu shalat dengan shalat berikutnya. Ibadah tarawih yang di kerjakan dengan jumlah 23 rakaat, pastinya menguras tenaga apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa tentunya merasa kelelahan, sehingga dengan adanya jeda tersebut bisa menjadi waktu beristirahat sejanak untuk melanjutkan sholat berikutnya, dan ini tentu selaras dengan pengertian dari tarawih tersebut yang memiliki makna beistirahat.

Bacaan Bilal Tarawih

Sedangkan fungsi lain dari adanya komando bilal ini sebagai pengingat jumlah rakaat yang sudah di tunaikan oleh para jamaah, sehingga baik makmum atau imam akan mengetahui sudah berapa rakaat sholat yang di laksanakannya. Dengan adanya bilal ini juga para jamaah atau imam bisa lebih khusyu mengerjakan sholat sebab akan terhindar dari kesibukan menghitung atau mengingat jumlah rakaat tarawih, karena akan sangat di sayangkan jika tarawih yang di kerjakan berjam-jam hanya sebatas berbuah angka saja, sebab selama sholatnya sibuk menghitung atau mengingat jumlah rakaat.

Bacaan Bilal yang umum di amalkan oleh masyarakat indonesia di masjid-masjid cukup bervariasi dengan pola bacaan yang berbeda, tidak menjadi permasalahan selama kalimat tersebut tak bertentangan dengan syariat. Setiap teksnya memang cukup pendek sehingga beberapa kali membaca pun bisa langsung hafal, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kalian lupa lagi dengan bacaannya mengingat rutinitas seperti ini di lakukan hanya setahun sekali yaitu pada malam bulan ramadhan saja. Tidak hanya bilal yang di tuntut untuk hafal, tetapi juga lebih baik jika semua jamaah memahaminya dengan betul.

Bacaan Bilal TarawihJawaban
صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُرَحِمَكُمُ اللهُ
فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْوَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَلْخَلِيْفَةُ اْلاُوْلَى سَيِّدُنَا اَبُوْ بَكَرْ الصِّدِّيْقُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُرَضِيَ اللهُ عَنْهُ
فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْوَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَلْخَلِيْفَةُ الثَّانِيَةُ سَيِّدُنَا عُمَرُ ابْنُ الْخَطَّابْرَضِيَ اللهُ عَنْهُ
فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْوَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَلْخَلِيْفَةُ الثَّالِثَةُ سَيِّدُنَا عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُرَضِيَ اللهُ عَنْهُ
فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْوَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَلْخَلِيْفَةُ الرَّابِعَةُ سَيِّدُنَا عَلِيْ بِنْ اَبِيْ طَالِبْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُكرم الله وجهه
اَخِرُ التَّرَاوِيْحِ اَجَرَكُمُ اللهُاَمِيْنَ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Bacaan Bilal WitirJawaban
صَلُّوْا سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُرَحِمَكُمُ اللهُ
صَلُّوْا سُنَّةَ رَكْعَةَ الْوِتْرِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُرَحِمَكُمُ اللهُ

Sengaja di tulis secara komplit semua jenis kalimat bacaan bilal tarawih lengkap jawabannya agar siapa saja yang ingin mengetahui atau menghafalnya bisa memahami lebih jauh tentang amalan ini yang sebenarnya memiliki varian kalimat. Bagi yang belum memahaminya silahkan di baca berulang kali hingga faham semua dari bacaan bilal shalat tarawih lengkap teks latin bahasa indonesia agar nanti dapa di amalkan dengan baik pada waktunya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer