Tata Cara Niat Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Waktu Dan Jumlah Rakaat Yang Benar

Tata cara sholat tahajud adalah praktik ibadah yang wajib di pahami dengan baik dan benar oleh semua umat islam,meskipun hukum dari amalan ini sunnah tetapi bagi siapa saja yang ingin mengerjakannya harus di lakukan sesuai dengan panduan yang sudah di tentukan dalam tata cara sholat, apalagi sholat malam ini memiliki keutamaan luar biasa dan bisa memberi manfaat bagi siapa pun yang mengerjakannya dengan rutin.

Keunggulan dan keutamaan sholat tahajud langsung di ungkapkan dalam bebeberapa ayat al-qur'an dan ini menjadi bukti nyata yang harus di yakini oleh umat islam bahwa ibadah sunnah malam hari tersebut benar-benar lebih unggul di banding sholat sunnah lainnya. Dengan begitu sudah sehrausnya bagi umat muslim yang merasa beriman kepada allah serta rasulnya untuk selalu mengerjakan tahajud setiap hari apabila benar-benar mengharapkan kebaikan dunia dan akhirat.

Memang banyak sekali sholat sunnah yang sama-sama di anjurkan kepada umat muslim seperti sholat hajat, dhuha, istikharah, tahiyatul masjid dan yang lainnya. Namun satu di antara sholat sunnah yang langsung tercantum di jelaskan dalam ayat al-qur'an adalah tahajud, ini menjadi bukti bahwa sholat ini memiliki keunggulan lebih, bahkan pantas saja jika baginda nabi menyukai sholat ini bahkan beliau sangat menganjurkan kepada umatnya untuk rutin melakukan tahajud setiap malam.

Adapun bagi kalian yang ingin mengerjakan tahajud, maka harus memahami dengan baik tentang tata cara niat dan bacaan doanya, sama halnya juga ketika akan mengerjakan sholat sunnah lain, terlebih dahulu harus mengetahui tata cara dan doa sholat dhuha misalnya. Lebih jauhnya lagi selain tata cara yang benar, kalian juga mesti mengetahui waktu pelaksanaan yang tepat sebab tahajud ini tergolong ibadah dengan waktu dan juga syarat tertentu.

Waktu Sholat Tahajud

Tahajud tergolong sholat sunnah yang memiliki waktu tertentu dalam pelaksanaannya yaitu di malam hari sehingga tidak heran jika banyak juga yang menyebut tahajud sebagai sholat malam. Batasan waktu untuk mengerjakan tahajud adalah mulai dari setelah waktu isya hingga datangnya waktu subuh. Namun para ulama memberikan pendapat bahwa ada waktu paling di unggulkan untuk pelaksanaan tahajud tyaitu pada sepertiga malam atau sekitar sesudah lewat pertengahan malam atau kira-kira pukul 1 dan 2 malam hari.

Syarat Sholat Tahajud

Yang di maksud dengan syarat di sini buka sesuatu yang sama seperti sholat lain seperti wudhu atau beragama islam, namun lebih jaunya lagi yang di maksud yaitu syarat khusus sholat tahajud adalah harus tidur terlebih dahulu. Tidur menjadi syarat mutlak yang harus terpenuhi bagi siapa saja yang berencana akan melakukan tahajud meskipun tidurnya hanya sebentar saja. Karena menjadi syaratmutlak maka jika tidur tersebut tidak di lakukan maka tentu tidak ada tahajud.


Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

1. Menurut Imam Hanafi adalah Maksimal 8 rokaat,

2. Menurut Imam Maliki adalah Maksimal 10 atau 12 rokaat

3. Menurut Imam Syafi'i dan hambali adalah tiada ada batasan hitungan

Jumlah rakaat sholat tahajud paling sedikit sebanyak 2 rakaat saja tetapi untuk ukuran maksimalnya para ulama dalam hal ini berbeda pendapat, imam hanafi membatasi dengan 8 rakaat saja sedangkan imam maliki 10 atau 12 rakaat adapun imam syafi'i dan hambali tidak membatasi ukuran dari jumlah rakaat sholat tahajud dalam arti boleh di lakukan sebanyak-banyaknya jika mampu. Jika di tanya mana yang lebih unggul, maka semuanya baik karena mereka berpendapat tidak keluar dari dalil masing-masing, jika masih di beri kemampuan oleh allah swt untuk beribadah maka sebanyak-banyaknya beribadah.

Tata Cara Sholat Tahajud

Selanjutnya hal paling harus di pahami dalam pelaksanaan sholat tahajud yaitu tata cara, pada dasarnya tata cara atau panduan meliputi gerakan juga bacaan sholat tahajud ini sama seperti sholat wajib yang biasa di kerjakan sehari-hari di awali dengan niat di akhiri salam. Namun untuk tahajud ini di kerjakan dengan masing-masing 2 rakaat setiap salam, contohnya jika akan melakukan tahajud 4 rakaat maka tiap 2 rakaat harus melakukan salam layaknya seperti sholat subuh. Selanjutnya selain ketentuan rakaat juga jangan lupa untuk berniat khusus sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini mustaqbilal kiblati lillahi ta’aalaa.

Artinya : Aku berniat sholat Tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah semata.

Apabila sholat tahajud sudah selesai di lakukan sambil membaca niat pada setiap takhbiratul ihram, jangan dulu pergi dari empat sholat namun lebih utama di alnjut dengan membaca dzikir dan doa adapaun di antara amalan yang dapat di amalkan yaitu:

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

1. Membaca Dzikir Istighfar
2. Membaca Dzikir Laa ilaaha illallah
3. Membaca Dzikir Tasbih (Subhanallah)
4. Membaca Dzikir Takbir (Allahu Akbar)
5. Membaca Dzikir Tahmid ( Alhamdulillah)
6. Membaca Dzikir Sholawat Nabi Muhammad
7. Membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas
8. Ditutup membaca Surat Al Fatihah
9. Dan di tutup dengan doa sholat tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

Latin : Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq. Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar. Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.

Sholat Tahajud Dan Witir

Sering ada pertanyaan dari kalangan masyarakat muslim tentang melakukan sholat witir setelah tahajud bagaimana hukumnya? Dalam hal ini sudah jelas bahwa menutup sholat malam dengan witir hukumnya sunnah bahkan di anjurkan. Sehingga ketika melakukan tahajud alangkah lebih utama apabila di lanjut dengan sholat witir. Permasalahannya bagaimana pada bulan ramadhan sebab umumnya witir di lakukan sesudah tarawih? Jika witir sudah di kerjakan sesudah tarawih maka tidak perlu lagi witir setelah tahajud bahkan ada sebuah keterangan yang menyebutkan "tidak ada 2 witir dalam 1 malam".

Keutamaan Sholat tahajud

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

Meskipun masih banyak hadits dan dalil lain yang menunjukan tentang keutamaan sholat tahajud, tetapi ketiga hadits tersebut di rasa lebih dari cukup untuk menjadi motivasi atau dorongan hati setiap insan agar tidak membiarkan malam hari belalu begitu saja. Bukankah yang di harapkan adalah tepat terpuji atau berada dalam ridha allah selamat dunia akhirat, maka salah satu pintu untuk mencapai hal tersebut dengan cara mengerjakan tahajud secara rutin.

1. Sholat Sunnah Paling Utama
2. Kunci Masuk Surga
3. Kemuliaan dan Kewibawaan
4. Menenangkan Hati
5. Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana
6. Menolak Penyakit
7. Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat
8. Doanya Dikabulkan

Manfaat Sholat tahajud

Selain keutamaan, sholat tahajud juga akan memberikan manfaat cukup banyak kepada setiap orang yang bisa dengan rutin mengerjakannya, seperti.

1. Kuat Dalam Berpikir atau mudah mencerna segala ilmu pengetahuan
2. Wajahnya semakin nampak bersinar atau berkarisma
3. Memberikan kekuatan batin
4. Memberikan kekuatan mental
5. Menguatkan daya ingat
6. Hajatnya mudah terkabul
7. Doa Cepat Terkabul
8. Dapat memberikan inspirasi baru dan kebaikan
9. Dan masih banyak lagi yang Lainnya.

Sebenarnya banyak jalan yang baik dan semppurna untuk menggapai segala yang di inginkan baik ketika berhubungan dengan dunia atau akhirat salah satunya sholat tahajud. Ketika seorang muslim sudah yakin beriman dan melakukan segala amal keaikan serta mengerjakan dengan sungguh-sungguh semua yang di perintahkan allah dan rasulnya maka di jamin hidup dia akan semakin sukses baik dunia atau akhirat. Bahkan meskipun dia menginginkan kesuksesan dalam hal pekerjaan atau ingin jadi orang kaya, tidak akan sulit bagi allah untuk menjadikannya, dengan demikian mari sama-sama untuk meningkatkan ketaqwaan dengan sesungguh sungguhnya.

Sampai di sini akan dapat di pahami dengan baik dan benar tentang tata cara bacaan niat dan doa sholat tahajud yang benar, karena sebenarnya yang paling penting di pahami dari tahajud ini adalah yang berkaitan dengan waktu serta niat dan syaratnya. Sebagian sebagian besar panduan dalam tahajud tidak ada perbedaan dengan sholat pada umumnya termasuk juga mengenai bacaan surat setelah fatihah. Silahkan di baca hingga paham semua yang berhubungan di atas dengan tata cara niat bacaan doa setelah sholat tahajud waktu dan jumlah rakaat yang benar.