Tata Cara Bacaan Doa Setelah Niat Sholat Tarawih Dan Sunnah Witir

Sholat tarawih adalah amalan sunnah yang hanya dilakukan pada setiap malam selama bulan ramadhan dengan aturan dan ketentuan jumlah rakaat khusus yang di pimpin langsung oleh seorang imam apabila di kerjakan secara berjamaah yang di mulai dengan niat sholat tarawih serta di akhiri salam setiap masing-masing 2 rakaat. Ibadah tahunan ini juga di kaitkan dengan sholat witir yang umum di laksanakan sesudah tarawih itu selesai baik sebanyak 3 atau rakaat yang lebih banyak.

Jangan pernah sedikit pun menyepelekan sholat tarawih meski kedudukan hukumnya sebatas sunnah tidak menjadi dosa jika di tinggalkan, namun harus di pahami bahwa setiap amalan iabadah pada bulan ramadhan baik itu wajib seperti puasa atau sunnah misalnya tarawih ini memiliki keunggulan dan keutamaan serta pahala berlipat ganda. Baginda rasul saw meskipun beliau sudah pasti masuk surga tetap masih gemar melakukan tarawih, jika demikian suguh sombong sebagai umatnya yang tidak mementingkan amalan ini.

Sholat tarawih juga sebagai bentuk menghidupkan malam-malam bulan agung yaitu ramadhan, di anjurkan bagi umat islam untuk mengisis malam tersebut dengan amal ibadah baik memperbanyak dzikir dan membaca al-qur'an atau dengan cara melakukan sholat sunnah tarawih dan witir serta yang lainnya. Rasulullah saw gemar mengidupkn malam ramadhan dengan tarawih sebagaimana tercantum dalam salah satu hadits dari Abi Hurairah RA bahwa siapa saja yang melaksanakan tarawih dengan iman serta mengharap rihda allah, akan di ampuni dosanya yang telah lalu.

Sungguh ramadhan ini termasuk bulan agung yang penuh dengan keberkahan segala bentuk amal kebaikan di lipat gandakan pahalanya, bahkan amal yang di anggap kecil sekalipun. Tetapi dalam hal sholat tarawih meskipun memiliki keunggulan lebih utama, ternyata dalam hal tata cara pelaksanaannya terjadi perbedaan pendapat di kalangan para umat muslim saat ini, bukan dari sisi hukum atau keunggulannya tetapi perbedaan tersebut terdapat dalam hal jumlah rakaat, di antaranya ada yang 20 rakaat ada juga golongan yang berpendapat 36 serta 8 rakaat saja.

Jumlah Rakaat Sholat tarawih

Perbedaan pendapat dari jumlah rakaat sholat tarawih terjadi pada beberapa madzhab fikih, Imam Malik bin Anas, sebagaimana ulama lain menggunakan riwayat dari Yazid bin Ruman yang mauquf atau disandarkan pada perilaku sahabat, bahwa orang-orang sembahyang tarawih pada masa Umar bin Khattab dengan dua puluh rakaat, diimami sahabat Ubay bin Ka’ab, para ulama yang memiliki pendapat 20 rakaat melihat dari sisi keutamaan dan masih di sandarkan pada prilaku sehabat di masa Umar bin Khattab serta tidak di komentari oleh sehabat lain.

Sedangkan golongan yang memilih pendapat rakkat tarawih sebanyak delapan bersandar pada hadits siti aisya ra, beliau di tanya oleh abu salamah tentang sholat nabi pada bulan ramadhan, jawabannya bahwa baginda nabi Beliau tak menambah pada bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari sebelas rakaat. Para ulama dari kalangan yang berpendapat bahwa tarawih 20 rakaat, menafsirkan hadits dari siti aisyah ini merupakan penjelasan tentang shalat malam (qiyamullail) yang dilakukan di dalam rumah beliau sendiri.

Tata Cara Sholat tarawih

Waktu sholat tarawih di kerjakan pada malam hari sesudah selesai mengerjakan sholat isya, boleh di lakukan secara sendiri di rumah atau berjamaan dalam sebuah ruangan mesjid. Tuntunan tarawih secara lengkap tidak jauh berbeda dengan sholat yang biasa di lakukan sehari-hari yaitu di awali membaca niat sholat tarawih dan di akhiri salam pada rakaat kedua, lakukan hal tersebut secara berulah sesuai jumlah rakaat yang di tentukan, kemudian jika sudah selesai di tutup dengan doa setelah sholat tarawih atau populer juga disebut doa kamilin.

Niat Sholat tarawih

Dalam tata cara sholat tarawih tersebut bagi yang berjamaah sebaiknya ikuti sebagai imam, tetapi bagi yang sendiri lakukan seabgaimana yang sudah di ajrkan para kiyai di tempat masing-masng, karena biasanya ada yang mengerjakan dengan cara beristirahat setiap empat rakaat sebagaimana prilaku ini di contohkan para sehabat ada juga yang tidak beristirahat hingga akhir. Di usahakan bacaan dalam tarawih di lakukan dengan tenang, terutama ketika membaca surat al-fatihah dan bacaan rukun qauli lainnya agar termasuk pada sholat yang benar.

Doa Sholat tarawih

Doa Sholat tarawih Latin
Doa Sholat Tarawih Artinya

Sesudah selesai mengerjakan sholat tarawih dengan jumlah rakaat tertentu baik 8 atau 20 rakaat kemudian di lanjut dengan pelaksanaan sholat sunnah witir di lakukan dengan rakaat yang di tentukan dalam sholat ini baik sebanyak 3 rakaat atau 11 rakaat. Artinya jika tarawih di lakukan dengan 20 rakaat di tambah witir 3 menjadi 23, sedangkan jika tarawih 8 di tambah witir 3 menjadi 11 rakaat, serta ketahuilah bahwa sholat sunnah witir ini juga tergolong ibadah yang memiliki keutamaan luar biasa.

Niat Sholat Witir

Jadikan ramadhan sebagai bulan untuk meraih kesuksesan dalam menggapai ridha allah swt dengan cara mengisinya oleh berbagai ibadah mulai dari menjaga puasa wajib hingga melaksanakan amal ibadah sunnah seperti tarawih. Dengan semoga saja malam lailaul qadar bisa di dapatkan dengan sungguh-sungguh menjadikan ramadhan ini sebagai ladang untuk beribadah yang nantinya bisa menjadi jalan menuju kebahagian dunia dan akhirat.

Doa Sholat Witir

Doa Sholat Witir Latin
Doa Sholat Witir Artinya

Tentang tarawih ini ada banyak sekali pembahasan yang harus di pahami dengan baik agar menjadi sebuah keyakinan tulus yang membuahkan hasil berlipat ganda, meliputi juga semua yang berkaitan dengan pengertian tata cara bacaan doa setelah niat sholat tarawih dan sunah witir dalil, berjamaah, hukum, keutamaan, sejarah, sesuai sunnah, sendiri di rumah, 8 rakaat 20 rakaat, tercepat dan juga berbagai hal yang berhubungan di dalamnya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer