Doa Niat Tata Cara Sholat Bacaan Tasbih Dan Manfaat Lengkap

Sholat tasbih adalah sebuah amalan sunnah yang banyak di anjurkan oleh para ulama, bahkan dalam penguraian kitab-kitab fikih serta beberapa dalil hadits menyebutkan tentang keutamaan dan manfaatnya yang sangat luar biasa. Di namakan dengan sholat tasbih bukan berarti ketika melaksanakan ibadah ini harus membawa atau memegang tasbih, melainkan banyak sekali bacaan tasbih (subhanallah wal hamdu lillah wa la ilaha illallahu wallahu akbar) yang harus di baca dalam sholat tersebut, bahkan kalimat tersebut hampir sebagian besar terdapat dalam setiap gerakan sholat.

Melihat dari sisi keutamaannya ang luar biasa, maka sholat tasbih ini setidaknya pernah di laksanakan sekali dalam seumur hidup, tetapi apabila mampu mengerjakannya lebih baik jika setiap hari atau setidaknya sebulan sekali atau setahun sekali. Jika seandainya sebagai umat islam yang tahu terhadap tata cara bacaan sholat tasbih dan memahami keutamaannya, sementara dia tidak pernah melakukan sholat tasbih sekali pun dalam seumur hidupnya, maka mereka itu tergolong pada jajaran orang-orang yang merendahkan atau menganggap remeh agama, terkecuali jika memang benar-benar tidak tahu terhadap sholat sunnah tasbih tersebut.

Sebuah hadits rasulullah saw yang di sampaikan kepada pamannya abbas tentang tata cara da keutamaan sholat tasbih, di mana sholat tasbih tersebut memiliki keutamaan untuk menghapus dosa yang terdahulu baik itu di sengaja atau dosa yang tidak di sengaja. Sungguh sangat luar biasa jika sholat tasbih memiliki manfaat penghapus dosa, sebab jika dosa-dosa dalam diri setiap manusia telah di hapus berarti dia bersih kembali, hati dan pikirannya menjadi cerah. Orang yang bersih dari dosa akan bisa membedakan yang baik dan buruk serta akan terhindar dari kesulitan baik itu kesulitan dari sisi ekonomi atau dalam menjalani kehidupan lainnya.

Doa Niat Tata Cara Sholat Bacaan Tasbih Dan Manfaat

Tidak banyak dari umat muslim saat ini yang bisa menyempatkan waktu melaksanakan sholat tasbih, padahal dalam tata caranya sangat mudah sekali dan boleh di lakukan kapan saja baik itu siang atau malam, asal tidak pada waktu yang terlarang untuk sholat. Tetapi jika melihat dari pendapat imam nawawi yang menyatakan tentang perbedaan teknis pelaksanaan sholat tasbih siang hari dan malam hari, beliau mengungkapkan jika sholat tasbih di kerjakan siang hari maka 4 rakaat 1 kali salam, sedangkan jika malam hari maka sholat tasbih di lakukan 4 rakaat 2 kali salam.

1. Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat Siang Hari

Bacaan Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat

2. Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat malam Hari

Bacaan Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat

3. Bacaan Kalimat Tasbih

Bacaan Tasbih

Tata Cara Sholat Tasbih

Untuk tata cara lengkap sholat tasbih ini, tidak ada perbedaan dengan sholat yang biasa di kerjakan yaitu di awali niat ketika takbiratul ikhram dan di akhiri salam. Adapun yang membedakan yaitu adanya bacaan tasbih dalam jumlah tertentu pada beberapa gerakan. Sedangkan untuk bacaan surat al-qur'an yang di baca sesudah fatihah boleh apa saja sekemampuan masing-masing, adapun yang lebih di utamakan adalah membaca surat Az-Zalzalah, Al’Adiyat, -Al-Kafirun, -Al-Ikhlas jika mampu.

1. Jika sholat tasbih di laksanakan pada malam hari, maka di kerjakan sebanyak 4 rakaat 2 kali salam

2. Jika sholat tasbih di laksanakan pada siang hari, maka di kerjakan 4 rakaat satu kali salam

Tata cara membaca tasbih

1. Setelah Membaca Surat Fatihah Dan Surat Atau Sebelum Ruku membaca Tasbih sebanyak 15 Kali

2. Ketika Ruku membaca Tasbih Sebanyak 10 kali

3. Ketika i'tidal membaca tasbih sebanyak 10 Kali

4. Ketika Sujud Pertama Membaca Tasbih Sebanyak 10 kali

5. Ketika Duduk Di antara dua Sujud membaca tasbih sebanyak 10 Kali

6. Ketika Sujud Kedua Membaca Tasbih Sebanyak 10 kali

7. Sesudah Sujud Kedua Sebelum Berdiri Untuk Rakaat Selanjutnya Membaca Tasbih 10 Kali

Jumlah bacaan tasbih pada setiap rakaat sebanyak 75 kali bacaan, jika di kali 4 rakaat maka keseluruhan jumlahnya menjadi 300 kali bacaan tasbih. Untuk rakaat kedua bacaan tasbih sama dengan rakaat pertama, hanya saja untuk rakaat terakhir ini bacaan tasbih 10 kali di baca sesudah bacaan tasyahud sebelum salam. Jika sholat tasbih di lakukan malam hari berarti rakaat terakhir pada setiap rakaat kedua, jika malam hari berarti rakaat terakhir berada pada rakaat ke empat.

Doa Setelah Sholat Tasbih

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرُ. والصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Allahumma inni as’aluka taufiqa ahlil huda, wa a‘mala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa ‘azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta‘abbuda ahlil wara‘i, wa ‘irfana ahlil ‘ilmi hatta akhafak.
Allahumma inni as’aluka makhafatan tahjizuni ‘an ma‘ashika hatta a‘mala bi tha‘atika ‘amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatta akhlusha lakan nashihata haya’an minka wa hatta atawakkala ‘alaika fil ’umûri kulliha wa hatta akuna ’uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur. washalatu wassau ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi washahbihi ajma’aana walhamdu lillahi rabbil ‘alamiina.


Artinya : Ya Allah aku meminta padaMu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta padaMu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan padaMu, sehingga dengan taat padaMu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridloMu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan padaMu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepadaMu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya.

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang di anggap memiliki keutamaan lebih dan bisa di dapatkan oleh siapa saja yang melaksanakan sholat tabih. Bahkan di ddalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Rasulullah yang memerinci secara detail sifat-sifat dosa yang diampuni dengan sholat tasbih tersebut seperti awal dan akhir, sengaja dan tidak sengaja, kecil dan besar, sembunyi dan terang-terangan.

Memahami ilmu tentang tata cara sholat tasbih termasuk sesuatu yang bermanfaat sekali, apalagi jika sudah paham bisa langsung mengamalkannya sesering mungin jangan hanya mampu sebulan atau setahun sekali, alangkah baik jika setiap hari menyempatkan waktu untuk mengerjakannya. Uraian di atas bisa di pelajari dengan cermat agar mengetahui sejauh mana keutamaan dari doa niat tata cara sholat bacaan tasbih dan manfaat lengkap waktu keajaiban gambar 4 rakaat jam berapa dan yang lainnya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer