Tata Cara Doa Bacaan Niat Sholat Hajat Keutamaan Waktu Yang Mustajab

Sholat hajat adalah ibadah sunnah yang di lakukan ketika seseorang memiliki keinginan khusus baik bertujuan untuk jodoh, pekerjaan, dan lain sebagainya. Ketika ada sesuatu yang di harapkan berhasil di anjurkan untuk segera melaksanakannya, sebab keutamaan sholat hajat sendiri sebagai perantara agar cepat terkabulnya apa yang di maksud oleh masing-masing. Tetapi harus di ingat terlebih dahulu semua yang di inginkan tidak boleh keluar dari hal-hal yang telah di tentukan dalam syariat agama islam, seperti untuk maksiat dan semisalnya.

Ada banyak pemahaman yang menghubungkan sholat hajat dengan sholat tahajud yaitu di kerjakan pada malam hari, anggapan ini sebenarnya kurang tepat karena keduanya merupakan ibadah masing-masing. Apalagi bacaan sholat sunnah hajat sendiri boleh di lakukan kapan saja baik siang atau malam asal jangan pada waktu yang di haramkan untuk sholat. Namun jika melihat dari sisi keutamaan, memang benar adanya bawha waktu yang baik untuk sholat ini yaitu di waktu malam, serta alangkah lebih baik jika terlebih dahulu di awali dengan tahajud.

Tujuan hajat yang di maskud, bukan hanya fokus pada permasalahan besar saja tetapi juga termasud urusan terkecil sekali pun, sebagaimana rasulullah saw pernah mengajarkan para shabatnya untuk selalu meminta hajat kepada allah dalam hal yang kecil. Sebagaimana kutipan dalam hadits hasan yang di riwyatkan oleh Tirmdzi bunyinya “Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.” Dalil ini juga memperlihatkan begitu pentingnya sholat hajat dalam berbagai hal.

Tata Cara Doa Bacaan Niat Sholat Hajat Keutamaan Waktu Yang Mustajab

Jumlah Rakaat Sholat Hajat

Di antara kalian mungkin ada sebagian yang penasaran atau belum mengetahui berapa jumlah rakaat sholat hajat?. Intinya untuk tata caranya sama dengan sholat pada umumnya sedang jumlah rakaatnya cukup dengan 2 rakaat atau boleh hingga 12 rakaat dengan masing-masing tiap dua rakaat satu kali salam. Kemampuan seseorang dalam melakukan ibdaha itu berbeda-beda terlebih jika meninjau dari sisi ke khusuannya, maka apabila di rasa kurang mampu melakukan dengan rakaat banyak usahakan untuk terbiasa 2 rakaat saja dan itu lebih baik.

Waktu Sholat Hajat

Sebetulnya tidak ada tuntunan khusus mengenai waktu pelaksanaan sholat sunnah hajat, artinya boleh di lakukan setiap kali kalian memiliki waktu untuk mengerjakannya apakah itu di waktu malam atau siang. Namun memang beberapa ulama menggaris bawahi bahwa waktu sholat hajat yang lebih utama pada sepertiga malam, kira-kira pukul 01 - 05 dini hari. Tetap harus di pahami juga meskipun boleh melakukan sholat hajat kapan pun, jangan sampai melakukannya di waktu yang sudah di larang untuk sholat.

Tata Cara Sholat Hajat

Niat Sholat Hajat

Niat Sholat Hajat

Pada Rakaat Pertama Setelah Fatihah Membaca Surat Al-Kafirun 10 Kali

Pada Rakaat Kedua Setelah fatihah Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali

Bacaan surat sesudah fatihah boleh apa saja sekemampuannya masing-masing apakah itu yang ayatnya panjang atau pendek, sementara untuk tata cara sholat hajat seluruhnya baik dalam hal bacaan atau gerakan, sama dengan pada umumnya yang biasa di lakukan.

Seperti telah di pahami bersama bahwa proses akhir dari sholat selalu di tutup dengan bacaan doa, meskipun berdoa ini tidak termasuk pada rukun sholat. Namun dalam beberapa keterangan ada yang menyebutkan bahwa salah satu yang baik untuk berdoa adalah sesudah selesai sholat. Begitu juga dengan sholat hajat maka sebaiknya untuk di tutup dengan berdoa sebagai berikut.

Doa Sholat Dhuha

Doa Sholat Hajat


Sebagai salah satu sholat sunnah yang di anjurkan, tentu sholat hajat ini memiliki keutamaan dan manfaat yang tidak usah di ragukan lagi terutama yang berkaitan dengan di kabulkannya apa yang di maksud. Selain itu derajat seseorang yang selalu mengerjakannya akan lebih di tinggikan, sebab allah lebih menyukai kapada mereka yang selalu taat dan menjalankan perintahnya serta selalu berhati-hati dalam berbagai hal terutama yang berhubungan dengan hajat atau keinginan.

Maka di sini alkaromah.nethadir sebagai sits islami yang sebagian besar kontennya membahas seputar keisalaman terutama yang berhubungan dengan tata cara dan pelaksanaan ibadah sunnah, salah satunya seperti niat sholat hajat ini yang di bahas secara lengkap tentang panduannya, semoga saja dapat di mengerti dengan baik oleh para pembaca semua. Jika di rasa masih kurang bisa cari lagi semua yang masih ada kaitannya dengan tata cara melakukannya dzikir setelah doa bacaan niat sholat hajat khusus keutamaan manfaat waktu yang mustajab lengkap latin rakaat pertama dan kedua serta yang lainnya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer