Doa Sebelum Tidur Islam Sesudah Mau Bangun Malam Hari Yang Benar

Tidak satupun aktivitas yang di kerjakan dalam keseharian umat manusia mulai dari hal paling kecil hingga yang besar, semuanya itu tidak keluar dari adab atau etika, hikmah dan amalan doa yang akan selalu menyertainya. Ketika seorang muslim melakukan sebuah hal maka selain etika yang harus di perhatikan juga tata cara yang baik dan benar menjadi pekerjaan yang tidak boleh tertinggal, karena setiap suatu hal yang di lakukan akan memberikan hikmah kepada para pelakunya, baik itu hikmahnya berdampak buruk atau baik.

Begitu juga halnya dengan tidur, yang merupakan aktivitas harian dan pasti di lakukan oleh setiap manusia yang masih hidup untuk melepas rasa lelah dari penatnya semua pekerjaan di siang hari. Boleh di anggap tidur ini termasuk hal kecil karena siapa saja bisa melakukannya tanpa ada syarat yang membebani mereka untuk melakukannya, namun sebagai umat islam yang baik dan patuh terhadap aturan syariat, pastinya akan tidur sesuai dengan adab yang baik dan benar sebagaimana yang telah di ajarkan oleh para pendahulunya.

Sebagaimana baginda rasul saw telah mengajarkan kepada umatnya bagaimana tata cara yang baik serta doa sebelum tidur dan bacaan lainnya seperti ayat kursi serta bersuci terlebih dahulu ketika akan tidur. Selain itu juga beliau mengajarkan bagaimana seharunya amalan yang di kerjakan saat bangun dengan cara membaca doa sesudah tidur dan amalan lainnya, adab dalam tidur ini termasuk etika penting yang harus di pahami karena termsuk dalam sunnah rasulullah saw.

Doa Sebelum Tidur Islam Sesudah Mau Bangun Malam Hari Yang Benar

Sebelum tidur di anjurkan untuk membaca doa tidur terlebih dahulu, isi dari doa tersebut merupakan tanda pasrah atau menyerahkan segala sesuatu kepada sang maha kuasa baik hidup atau mati. Kenapa ada anjuran untuk berpasarah menyerahkan segala sesuatu kepada allah sebelum tidur, karena tidur dekat dengan kematian, di ibaratkan seseorang yang sedang tidur hanya panca indra serta kesadarannya tidak berfungsi, sama halnya seperti orang mati, hanya denyut jantung, tarikan nafas dan beberapa anggota tubuh saja yang masih berfungsi.

Gambaran tidur yang di ibaratkan orang mati, jelas terdapat dalam salah satu firman allah swt surat Az-Zumar ayat 42. Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa allah memegang jiwa orang yang mati dan memegang jiwa orang yang belum mati ketika tidur. Adapun bunyi ayat tersebut yaitu :

Doa Tidur

Maksud dari ayat di atas bahwa Allah memegangnya di waktu ia tidur (maka Dia tahan jiwa orang yang telah Dia tetapkan kematiannya dan melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan) bagi kematiannya. Jiwa yang dilepaskan itu hanyalah dimatikan perasaannya saja, tetapi ia masih hidup, berbeda dengan jiwa yang benar-benar dimatikan. (Sesungguhnya pada yang demikian itu) pada hal-hal yang telah disebutkan itu (terdapat tanda-tanda) yang menunjukkan akan kekuasaan Allah (bagi kaum yang berpikir) maka karenanya mereka mengetahui, bahwa yang berkuasa melakukan hal tersebut berkuasa pula untuk membangkitkannya; dan orang-orang kafir Quraisy tidak memikirkan hal ini.

Doa Sebelum Tidur

Etika Sebelum Tidur

Terdapat beberapa adab atau etika yang baik untuk di lakukan menjelang tidur, baik itu yang berkaitan dengan amalan atauposisi ubuh dalam tidur seperti :

1. Bersuci, maksudnya membersihkan anggota tubuh dari kotoran yang menempel dan berwudhu.

2. Tidur Berbaring Ke sisi kanan, maksudnya saat tidur usahakan posisi tubuh cenderung ke posisi sebelah kanan.

3. Membaca Doa Sebelum Tidur

4. Membaca surat Al-Fatihah, Qulhu, Al-Falaq, dan An-Nas, serta ayat kursi masing-masing sekali.

5. Berzikir kepada allah hingga tertidur.

Etika bangun Tidur

1. Usahakan bangun tidur sebelum datang waktu subuh

2. Berdzikir Kepada Allah SWT

3. Membaca Doa Bangun Tidur

4. Memakai baju dengan niat menutup aurat

Jangan sekali-kali menyepelekan tidur karena berhubungan dengan kematian, bayangkan jika seandainya allah swt tidak mengembalikan lagi ruh kita saat tidur, sementara sebelum tidur tidak melakukan hal-hal yang di anjurkan seperti membaca doa tidur berdzikir dan semisalnya. Perlu di sadari bahwa tidak ada anjuran sebelum tidur bermain gadget seperti yang umum dilakukan orang-orang saat ini, di mana mereka kebanyakan lupa dengan adab atau etika tidur karena terlalu fokus bermain HP menjelang tidur hingga terlelap.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer