Tata Cara Bacaan Doa Awal Dan Akhir Pergantian Tahun Baru

Sebagaimana di pahami bersama bahwa terdapat dua penanggalan yang di gunakan oleh kalangan masyarakat indonesia dengan notebane sebagian besar umat islam yaitu masehi sebagai tanggal nasional dan hijriah yang di gunakan khusus oleh umat muslim. Keduanya tersebut memiliki sisi perbedaan yang cukup jauh terutama dari jatuhnya malam tahun baru dan cara menentukan tanggal, jika awal tahun masehi jatuh pada tanggal 1 januari sedangkan hijriah tanggal 1 muharram.

Kedua malam tahun baru tersebut selalu di sambut dengan berbagai kemeriahan namun dengan cara berbeda, jika tahun baru hijriah identik dengan acara keislaman misalnya pengajian, berkumpul untuk berdzikir sambil membaca surat yasin hingga pawai obor yang sudah lama menjadi budaya masyarakat islam indonesia. Sedangkan untuk tahun baru masehi identik dengan kemeriahan suara terompet serta menyalakan kembang api dan berbagai acara hiburan lainnya.

Keluar dari kemeriahan merayakan pergantian tahun baru yang selalu identik dengan kemeriahan, ada sisi lain yang lebih bermanfaat apabila di lakukan yaitu membacakan doa awa dan akhir tahun serta berniat untuk berubah lebih baik lagi di tahun yang akan dengan dan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran. Selain itu jangan lupa untuk bersyukur kepada sang maha pencipta, sebab dengan masih di pertemukannya dengan tahun ini, berarti umur semakin bertambah dan juga memiliki waktu lebih luas untuk melakukan kebaikan.

Doa Awal Dan Akhir Tahun

Ada banyak sekali harapan besar kedepannya yang ingin tercapai baik itu berupa di mudahkan rezeki, sukses dalam pekerjaan, jodoh, keberkahan umur, mati khusnul khatimah, karir, perlindungan, keselamatan dan masih banyak lagi yang lainnya. Harapan tersebut tentunya akan di curahkan pada malam tahun baru dalam bentuk doa, memhon kepada sang maha kuasa agar semuakeinginan bisa terkabul dan tercapai sesuai yang di harapkan, berikut di antara doa awal dan akhir tahun.

1. Doa Akhir Tahun

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ، اللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَّتِكَ ، فَإِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ . وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ ، فَأَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin : Bismillaahir-rahmaanir-rahiimWa sallallaahu ‘ala sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa aalihi wa sahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haazihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu fa lam atub minhu wa lam tardahuuwa lam tansahuu wa halimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardaahu wa wa’attani ‘alaihis-sawaaba fas’alukallahummayaa kariimu yaa zal-jalaali wal ikraam,an tataqabbalahuu minni wa laa taqta’ rajaa’i minkaa yaa kariim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dankeselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah,segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu,sedang kami belum bertaubat,padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya,dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

2. Doa Awal Tahun

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلأَمَّـارَةُ بِالسُّوْءِ وَاْلإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَ اْلإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وصحبه اجمعين

Latin : Bismillaahir-rahmaanir-rahiimWa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa sahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal, wa ‘alaa fadlikal-’azimi wa juudila-mu’awwali,wa hadzaa ‘aamun jadidun qad aqbala nas’alukal ‘ismata fiihi minasy-syaitaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haazihin-nafsil ammaarati bis-suu’i wal isytigaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa zal-jalaali wal-ikraami yaa arhamar raahimiin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihi wa ashaabihii wa sallamAmin yaa rabbal ‘alamin

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempatbergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta parakeluarganya dan sahabatnya.

Di antara orang-orang saat ini tidak menyadari betul untuk bisa menjadikan malam tahun baru sebagai awal menumbuhkan semangat tinggi dalam membentuk perubahan ke arah yang lebih baik, kebanyakan hanya terbuai dengan kemeriahan peringatan malam tahun baru. Padahal akan lebih berarti jika momen tersebut di jadikan waktu untuk bersyukur dan memperbanyak amalan doa awal dan akhir tahun yang kiranya dapat memberikan hikmah besar bagi kehidupan di masa yang akan datang.

Adanya pembahasan mengenai amalan pada malam tahun baru ini, sedikit bisa menjadi sebuah introspeksi dalam menyikapi datangnya waktu tersebut dan tidak di isi dengan perbuatan yang kurang bermanfaat. Itulah sedikit dari ulasan kumpulan tata cara bacaan membaca doa awal dan akhir pergantian tahun baru islami arab latin indonesia serta terjemahannya yang dapat di pelajari hingga nanti dapat di amalkan pada waktunya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer