Bacaan Surat Ayat Kursi Doa Latin Arab Terjemahan Dan Artinya

Menjadi wahyu tergagung yang diturunkan kepada umat islam melalui nabi saw, al-qur'an menjadi pedoman hidup paling sempurna yang apabila makna-makana di dalamnya bisa teramalkan dalam keseharian bisa memberikan kehidupan aman dan damai. Setiap ayat-ayat yang terkandung di dalam al-qur'an, memiliki keunggulan dan keitimewaan tersendiri sebagaimana yang sering di sampaikan oleh para ulama seperti di dalam surat yasin, al mulk, surat yusup, al baqarah hingga yang ayat kursi.

Sedangkan ayat kursi sendiri merpuakan ayat agung yang terdapat dalam surat al-baqarah ayat ke-255, dalam beberapa penjelasan ayat kursi tersebut tergolong memiliki keistimewaan lebih, baik dari sisi makna hingga jika ayat tersebut di amalakan. Sebagian besar umat islam mempercayai apaila ayat kursi ini sering di amlakan dalam waktu-waktu tertentu maka maka bisa memberikan manfaat tersendiri kepada orang yang mengamalkannya, seperti menjaga dari gangguan jin atau menjaga sekitar tempat tinggal.

Tetapi keluar dari khasiat, ayat kursi ini memberitahukan bahwa hanya allah swt satu-satunya yang berhak untuk di sembah oleh seluruh alam, hanya dia yang maha kekal dan tidak pernah mati, dan hanya dialah satu-satunya yang mengendalikan semua yang ada. Dengan begitu maka seluruh yang ada di dunia ini membutuhkannya, sementara allah sendiri tidak membutuhkannya. Hal ini wajib untuk di imani oleh semua umat islam dan di yakini akan kebenarnnya dengan sepenuh hati tanpa sedikit pun keraguan.

Ayat Kursi Dan Maknanya

Dalil Tentang Ayat Kursi

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44.)

Hadits tersebut menjadi slah satu alasan mengapa ayat kursi harus di amalkan dalam keseharian terutama setelah selesai sholat fardhu 5 waktu. Sedangkan maksud dari makna selain kematian ialah tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati. Tujuan hidup setiap muslim baik hidup tersebut di isi dengan melaksanakan kewajiban sepenuhnya atau amalan sunnah, tujuannya adalah agar mendapat ridha allah swt sehingga bisa masuk surga. Dan salah satuagar bisa masuk surga yaitu dengan rutin mengamalkan ayat kursi.

Bacaan Ayat Kusri

للَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu laa ilaha illa huw, al-ḥayyul-qayyụm, la ta`khużuhụa sinatuw wa laa na`ụm, lahụ maa fis-samaawaati wa maa fil-arḍ, man żallażii yasyfa'u 'indahuu illaa bi`iżnih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuḥiiṭụna bisyai`im min 'ilmihii illaa bimaa syaa`, wasi'a kursiyyuhus-samaawaati wal-arḍ, wa laa ya`ụduhụ ḥifẓuhumaa, wa huwal-'aliyyul-'adẓim.

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Manfaat Ayat Kursi

Sebagai kalam allah yang maha agung, di dalam ayat kursi memiliki khasiat luar biasa apabila di amalkan secara rutin, jika pahala sudah pasti sebab ayat kursi adalah bagian dari ayat al-qur'an, yang mana siapa saja yang selalu senantiasa membaca al-qur'an akan mendapat pahala besar. Sedang manfaat ini bisa di dapatkan oleh siapa saja sejak dia masih beada di alam dunia ini serta akan sangat bermanfaat dalam menjaga kehidupan.

1. Ada yang menyebutkan bahwa sebagai mana rasul pernah bersabda barang siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak 12x pada hari Jum’at dan melakukan shalat sunnah 2 rakaat akan dipelihara langsung oleh Allah dari kejahatan baik itu dari syaitan maupun manusia.

2. Jika ayat kursi ini di bacakan dalam perjalanan, mislnya seseorang sedang berada di perjalanan menuju suatu tempat maka dia akan selamat hingga tempat tujuannya.

3. Ayat kursi akan menjaga anak, keluarga dan tempat sekitarnya dari gangguan syetan dan jin, sehingga tidak heran jika di masyarakat ayat kursi selalu di jadikan doa khusus untuk mengusir makhluk tersebut agar tidak mengganggu.

4. Apabila ayat kursi ini rutin di baca setiap selesai shalat fardhu, maka surga baginya sudah siap menanti, ketika ajal menjemput dia akan masuk ke surganya allah.

5. Selanjutnya barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak huruf yang ada pada ayat tersebut (170) maka allah akanmembarikan pertolongan kepadanya, di mudah segala hajat, pikiran akan semakin lapang, rezeki semakin luas.

Kelima dari manfaat atau khasiat ayat kursi di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya keitimewaan yang terdapat dalam ayat kursi. Sehingga ayat tersebut patut untuk selalu di baca dalam segala waktu baik setlah sholat, ketika akan tidur, di waktu pagi dan petang, saat akan mengerjakan sesuatu dan lain sebagainya. Jika manfaat tersebut ingin cepat di rasakan, kunci utama adalah pengamalan yang iklas di sertai khusu, niat karena allah swt semata.

Itulah bagian dari pembahasan mengenai ayat kursi yang bisa di sampaikan pada halaman ini,perlu di ingat bahwa pada setiap hurup al-qur'an terdapat segudang kebaikan, apalagi satu ayat dalam al-qur'an. Kebaikan tersebut hanya akan bisa di rasakan dan di dapatkan hanya oleh mereka yang benar-benar meyakini serta mengamalkan al-qur'an tersebut. Maka dari itu silahkan pelajari lebih jauh semua yang masih berkaitan dengan bacaan suara menghafal catatan surat doa ayat kursi latin arab terjemahan dan artinya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer