Amalan Di Bulan Rajab Lengkap Keutamaan Dan Larangannya

Rajab adalah salah satu di antara bulan hijriyah yang berada antara Jumadil Akhirah dan sya'ban, serta mendekati pada ramadhan dalam perhitungan tahun yang di pakai oleh agama islam. Bulan rajab juga termasuk yang di unggulkan serta memiliki keutamaan dan keitimewaan di dalamnya, bahkan tergolong sebagai bulan haram atau artinya di haramkan pada bulan ini melakukan kekejian hingga peperangan serta di anjurkan untuk mengisinya dengan amal kebaikan sebagai tanda penghormatan dengan datangnya bulan mulia tersebut.

Dalam syariat islam dikenal dengan empat bulan haram sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadits nabi saw dari Abu Bakroh mengemukakan di antara 4 bulan tersebut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram serta terakhir bulan rajab. Di katakan sebagai bulan haram atau bulan mulia, karena pada bulan-bulan tersebut semua amal kebaikan di hitung pahalanya berlipat ganda contoh salah satunya seperti niat puasa rajab atau amalan sunnah puasa, serta selain itu juga banyak peristiwa agung yang terjadi pada bulan tersebut.

Rajab juga termasuk bulan yang dekat dengan ramadhan dan hanya terpisah oleh sya'ban, sehingga para ulama terdahulu selalu menjadikan rajab sebagai momentum untuk mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan ramadhan terutama yang berkaitan dengan masalah ruhiyah. Dengan adanya hal ini tidak heran jika lahirlah sebuah doa bulan rajab yang berbunyi "allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya'bana" yang sampai saat ini masih di amalkan dengan baik oleh sebagian besar umat islam, serta doa khusus bulan rajab ini juga tercantum dalam salah satu hadits Al-Baihaqi dan Thabrani namun kedudukannya dhaif.

Amalan Bulan Rajab

Salah satu yang cukup populer pada bulan rajab yaitu terjadinya peristiwa agung di luar nalar manusia biasa yaitu kisah tentang isra mi'raj baginda nabi saw yang di yakini terjadi pada bulan rajab. Kejadian ini hanya bisa di akui oleh mereka dengan keimanan tinggi sebab pasalnya isra mi'raj sendiri berlangsung hanya satu malam mengisahkan perjalanan makah madinah den naik ke atas langit. Sungguh agung kejadian tersebut dan susah di yakini oleh orang biasa yang keimanannya masih lembek, namun ini adalah bukti dari kekuasaan allah yang terjadi pada bulan rajab.

Rasulullah SAW bersabda

رَجَبٌ شَهْرُ اللهِ وَشَعَبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ

Artinya : “Rajab adalah bulannya Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku. (Jâmi'ul Ahadits, Hadits Nomor 12682)

Sayang sekali jika seandainya buln yang penuh dengan kemuliaan tersebut berlalu begitu saja tanpa di manfaatkan dengan baik oleh beragam amal kebaikan. Perlu di ingat oleh kita semua bahwa rajab memiliki malam isra mi'raj, sya'ban memiliki malam nisfu sya'ban serta ramadhan yaitu malam lailatul qadar, mari kita semua sambut kedatangan bulan ini dengan di isi oleh amal kebaikan terutama ibadah sebagaimana yang telah di ajarkan oleh baginda nabi serta para ulama terdahulu.

Amalan Di Bulan Rajab

1. Mandi Awal Bulan Rajab

2. Puasa Sunnah

3. Memperbanyak istighfar

4. Berdoa Di Bulan Rajab

5. Wirid di Jum’at akhir pada bulan Rajab

6. Memperbanyak Shodakoh

7. Jauhi maksiat

Syekh Abdul Qadir al-Jilani dalam kitab al-Ghun-yah meriwayatkan

كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُفَرِّغُ نَفْسَهُ لِلْعِبَادَةِ فِيْ أَرْبَعِ لَيَالٍ فِي السَّنَةِ، وَهِيَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. وَكَانَ مِنْ دُعَائِهِ فِيْهَا:

Artinya : “Sayyidina Ali radhiyallaahu ‘anhu memfokuskan dirinya untuk beribadah dalam empat malam dalam satu tahun, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, dan malam Nishfu Sya’ban.”

Tidak ada perselisihan di kalangan para ulama bahwa bulan rajab adalah bulan mulia yang penting di agungkan dengan cara mengisinya oleh amalan sunnah salah satunya seperti puasa sunnah bulan rajab. Keistimewaan dan keutamaan bulan rajab tersebut sungguh luar biasa sekali sebab selain menjadi bulan mulia juga umat islam bisa mengambil sebuah pengetahuan penting yang berhubungan dengan kekuasaan allah dengan adanya bulan rajab tersebut, terutama dari kisah isra dan mi'raj.

Sebagai sebuah pengetahuan penting terutama bagi kalian yang sedang mencari referensi mengenai amalan bulan rajab dan larangann pada bulan rajab, silahkan untuk di cermati semua pembahasan di atas yang telah kami rangkum sedetail mungkin. Namun perlu di ketahui, masih banyak pengetahuan yang bisa di pelajari seputar bulan rajab tersebut terutama tentang amalan-amalan sesuai sunnah dan lain sebagainya.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer