Amalan Doa Niat Puasa Nisfu Bulan Sya'ban 1441 H 2020 Lengkap Arab Dan Artinya

Amalan Doa Niat Puasa Nisfu Bulan Sya'ban 1441 H 2020 Lengkap Arab Dan Artinya - Dalam menyakapi perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan umat islam mengenai puasa pada bulan sya'ban, memang bukan ha yang baru terjadi. Namun kenyataannya amalan puasa pada buan sebelum amadhan ini memiliki hukum sunnah serta menyimpan banyak sekali manfaat besar dan di anjurkan untuk di kerjakan oleh setiap umat muslim. Lalu apakah dalam hukum pelaksanaannya harus sebulan penuh atau hanya sebagian seja, baru dalam hal ini terjadi perbedaan.

Di lihat dari segi manfaat secara nyata, melaksanakan puasa nisfu sya’ban ini di jadikan sebagai pelatihan agar ketika nanti masuk bulan ramadhan sudah terbiasa serta lancar melakukannya tanpa ada hambatan karena sudah terbiasa di bulan sebelumnya. Sedangkan jika di lihat dari segi hukum agama sudah tentu bersumber pada dalil baik itu langsung berdasarkan hadits nabi saw yang di perjelas dan di sampai kepada kita semua oleh para ulama.

Dalam suatu hadits riwayat bukhari di nyatakan bahwa baginda nabi saw tidak berpuasa pada satu bulan lebih banyak terkecuali di bulan sya'ban. Sesungguhnya Nabi berpuasa pada bulan Sya’ban (seolah-olah) pada seluruh bulan. Dalam hadits ini di jelaskan, meskipun nabi tidak berpuasa setiap hari, namun karena seringnya berpuasa pada bulan tersebut, sehingga seolah-olah nabi berpuasa setiap hari.

Niat Puasa Nisfu Bulan Sya'ban

Selain hadits nabi yang menjadi sumber hukum sunnah pada bulan sya'ban, banyak juga para ulama yang menyatakan bahwa puasa tersebut memiliki keutamaan lebh ungguldan memberikan paala sangat tinggi kepada para pelakunya. Apalagi jika melihat kedudukan dari bulan sya'ban itu sendiri yang termasuk pada bulan mulia yang di muliakan sehingga akan sangat tepat jika diisi oleh amalan sunnah dan di ramaikan serta di sambut oleh amal kebaikan mulai dari memperbanyak doa, bordzikir, bersholawat hingga bershadaqah.

Sedangkan dalam bacaan niat puasa nisfu sya'ban ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bacaan niat puasa pada umumnya, hanya saja ada beberapa lafadz yang memang di tujukan untuk puasa bulan sya'ban. Namun di karena puasa sunnah ini di laksanakan hanya satu tahun sekali maka kami akan mencoba kebali menulisnya secara lengkap, agar kalian yang lupa bisa menhafalnya kembali lalu nanti mengamalkannya dengan lancar.

Niat Puasa Nisfu Sya’ban

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

Latin : Nawaitu shauma syahri sya'bana sunnatan lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena allah ta’ala

Jangan pernah ragu untuk melaksanakan puasa sunnah di bulan sya'ban erutama mulai dari tanggal 1 hingga 15 atau yang di sebut dengan nisfu sya'ban. Karena hukun dari puasa ini langsung bersumber dari hadits nabi saw yang di kemudian di sampaikan oleh para ulama kepada kita semua. Dan sudah menjadi keharusan bagi umat islam menjunjung tinggi semua amalan yang di ajarkan oleh rosulnya serta menghidupkan bulan-bulan yang penuh dengan kebaikan.

Itulah sedikit dari pembahasan mengenai niat puasa sunnah nisfu sya'ban lengkap dengan hukumnya, semoga dengan hadirnya ulasan ini menjadi sebuah motivasi atau dorongan serta menambah keyakinan untuk menghidupkan sunnah rasul terutama yang berkaitan dengan puasa sunnah. Silahkan hafalkan hingga paham semua bacaan niat puasa di atas, terutama yang bagi kalian yang lupa lagi bagaimana bacaannya yang benar.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer