Malam Nisfu Bulan Sya'ban 2020 1441 H jatuh Pada Tanggal

Malam Nisfu Bulan Sya'ban 2020 1441 H jatuh Pada Tanggal - Dalam Rangka menyambut datangnya bulan mulia adalah dengan mengisi oleh berbagai amalan sunnah yang telah di contohkan baginda nabi saw di antaranya seperti puasa sunnah. Pada bulan sya'ban beliau sering sekali melaksanakan puasa, bahkan seolah-olah di kerjakan sebulan penuh, sehingga dalam hal ini sudah seharusnya juga ketika bulan sya'ban datang, umat islam mengisi bulan tersebut dengan amalan yang sudah nabi contohkan selama hidupnya.

Akan tetapi di karenakan puasa ini termasuk amalan yang memiliki waktu tertentu, maka bagi siapa saja yang akan melaksanakan, terlebih dahulu harus mengetahui kapan masuknya bulan sya'ban dan kapan malam pertengahan atau nisfu sya'ban datang. Sebab jika melihat dari perbedaan pendapat di kalangan ulama empat madzhab ternyata puasa sya'ban ini berbeda pandangan, ada yang hanya membolehkan hingga tanggal lima belas dan ada juga yang membolehkan sepenuhnya.

Pentingnya mengetahui tanggal hijriyah bagi masyarakat muslim indonesia di sebabkan adanya kalender masehi yang di tetapkan sebagai penggalan nasional, permasalahannya antara tanggal dari kedua kalender tersebut berbeda. Terlebih lagi jika melihat dari sebagian besar kalender yang beredar di masyarakat tidak secara menyelruh di sertai dengan tanggal hijriyah, sehingga tidak semua orang dapat mengetahui kapan masuknya tanggal 1 bulan hijriyah misalnya bulan sya'ban dan yang lainnya.

Bulan Sya'ban Jatuh Pada Tanggal

Sebelumnya harus di pahami, bahwa penanggalan hari besar dalam islam tidak serta merta terfokus pada tanggal yang ada pada kalender hijriyah yang telah bredar. Tetapi biasanya di tetapkan oleh pihak kemenag dan para ulama beberapa harii sebelum hari tersebut datang, misalnya untuk menentukan awal bulan ramadhan dan hari raya idul fitri 1 syawal. Dengan demikian, meski sudah tercatat dalam kalender, kapan awal bulan sya'ban, sebaiknya dengarkan pihak-pihak yang berkaitan dengan penentuan tanggal tersebut.

Sebagai informasi, bahwa jika melihat atau mengacu pada kalender hijriyyah bahwa tanggal 1 Bulan Sya'ban 1441 Hijriyyah jatuh pada hari Kamis 26 Maret 2020. Sedangkan untuk nisfu sya'ban atau tanggal 15 bulan Sya'ban jatuh pada Hari Kamis 9 April 2020. Penentuan tanggal ini di ambil dari kalender Hijriyyah yang sudah beredar banyak di masyarakat saat ini, sehingga boleh di jadikan acuan jika tidak ada informasi dari pihak kemenag mengenai masuknya awal bulan sya'ban.

Setelah mengetahui kapan awal bulan sya'ban, jangan biarkan bulan mulia ini berlalu begitu saja, apalagi sebentar lagi akan masuk bulan agung yaitu ramadhan. Maka cepat isilah dengan semangat oleh puasa sunnah sebagai mana yang telah rasul ajarkan kepada umatnya. Mengenai berapa hari puasa sya'ban bisa di tanyakan pada ustadz di tempatnya masing-masing atau cari pembahasannya masih dalam website ini tentang perbedaan pendapat dari pelaksanaan puasa bulan sya'ban.
© 2020 ALkaromah.Net - Contact - Privacy - Disclaimer